Sabtu, 14 Juli 2012

Mengenal Arsitektur Oracle APEX 4.1

Posted by Sumadi Eko Putra On 07.05 No comments

Artikel Menarik Lainnya:

Feature Media


Yang akan anda ketahui pada artikel berikut ini adalah:

            • Pengertian Oracle Application Express
            • Oracle Application Express Arsitektur.

Apa itu Oracle Application Express

Oracle Application Express (APEX) merupakan suatu lingkungan pengembangan deklaratif yang terpusat untuk penggunaan dan pengembangan aplikasi web berdasarkan database – centric. Berkat fitur-fitur built-in seperti halnya user interface theme, control-kontrol navigasi, penanganan form, report-report yang fleksibel, Oracle Application mampu untuk mempercepat process pengembangan suatu aplikasi database yang berbasis web.

Application Express engine membantu kita untuk membuat aplikasi secara real time dari data yang sudah disimpan di dalam table database. Ketika anda membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi, Oracle Application Express membuat atau memodifikasi metadata yang disimpan dalam table database. Pada saat aplikasi dijalankan, Application Express engine kemudian akan membaca metadata dan menampilkan aplikasi.

Untuk memberikan peerilaku “statefull” di dalam sebuah aplikasi, Oracle Application Express secara transparan mengelola session state di dalam database. Para pengembang aplikasi dapat melakukan get dan set session state menggunakan substitusi sederhana dan sintaks standar variable SQL bind.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Oracle Application Express, kita bisa melakukan klik learn more yang terdapat pada home page Workspace.


Oracle Application Express Arsitektur


Oracle Application Express (APEX) terinstall bersama dengan oracle database dan terdiri dari data di dalam table dan kode-kode PL / SQL.

Meskipun anda menjalankan lingkungan development Oracle Application Express (APEX) atau suatu aplikasi yang dibangun menggunakan Oracle APEX, prosesnya adalah sama. Browser mengirimkan permintaan URL yang diterjemahkan menjadi panggilan Oracle Application Express PL / SQL yang sesuai. Setelah database memproses PL/SQL, hasilnya dikembalikan lagi ke browser sebagai HTML. Siklus ini terjadi setiap kali kita melakukan request maupun melakukan submit suatu halaman.

Bagian sesi aplikasi dikelola di dalam table database dalam Application Express. Untuk keperluan tersebut, tidak menggunakan koneksi database khusus. Sebaliknya, setiap permintaan dibuat melalui sesi database baru, mengkonsumsi sumber daya CPU yang minimal.

Oracle Application Express Listener, Oracle HTTP Server (Apache), dan Embedded PL/SQL Gateway

Versi dari oracle database yang anda gunakan menentukan bagaimana URL akan diterjemahkan.
Versi sebelum Oracle Database 11g Release 1 membutuhkan Oracle Application Express Listener atau Oracle HTTP Server (Apache) dengan mod_plsql. Berikut gambar yang mengilustrasikan arsitektur three-tier ketika menggunakan Oracle HTTP Server (Apache).

Dengan Oracle Database 11g Release 1 atau yang lebih baru atau bisa juga dengan menggunakan Oracle Database Express Edition, maka anda dapat menggunakan PL / SQL  gateway yang sudah di-embed (ditanamkan). Grafik berikut menggambarkan dua-tier arsitektur menggunakan gateway PL / SQL yang sudah ter-embed.

Embeded PL / SQL Gateway telah tersedia dalam database Oracle bersaamaan dengan web server dan juga infrastruktur yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi dinamis. Embeded PL / SQL gateway berjalan di server DB XML HTTP dalam database Oracle dan termasuk fitur inti dari mod_plsql. Pencantuman gateway PL / SQL yang sudah terembed menyederhanakan arsitektur dan menghilangkan tingkat menengah sepenuhnya.


Creatif By : Sumadi Eko Putra | Tempat Pembelajaran Database

Terimah Kasih telah membaca artikel Mengenal Arsitektur Oracle APEX 4.1. Yang ditulis oleh Sumadi Eko Putra .Pada hariSabtu, 14 Juli 2012.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blog ilmu database.

Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Tempat Pembelajaran Ilmu DatabaseTempat Pembelajaran Ilmu DatabaseTempat Pembelajaran Ilmu Database

0 komentar :

Poskan Komentar